Kuliah Umum Peran Pendidik Biologi di Era Kemajuan Bioteknologi

Telah dilaksanakan kegiatan kuliah umum ini dengan tema ”Peran Pendidik Biologi di Era Kemajuan Bioteknologi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada  hari rabu tanggal 8 juni 2023 bertempat di aula lantai 3 gedung fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pada Gambar 1 merupakan poto Bersama narasumber, moderator, dosen-dosen Pendidikan biologi dan peserta.

 

\"\"

Gambar 1. Dokumentasi Narasumber beserta dosen-dosen Pendidikan biologi dan segenap peserta kuliah umum

Berdasarkan Gambar 1. Peserta dalam kuliah umum ini merupakan mahasiswa pendidikan biologi semester VI, dosen pendidikan biologi dan para undangan. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan kuliah umum ini adalah untuk menggali informasi, masukan, saran dan review dari para narasumber yang dihadirkan. Selain itu, diharapkan informasi lainnya yang berkaitan dengan tema ini dapat diperoleh dari isu-isu terkini yang disampaikan oleh pemateri.

Kegiatan kuliah umum akan diisi oleh penjelasan materi oleh 2 narasumber yaitu;

  1. Pemateri pertama; Maharani Anischan, M.Sc (PhD Candidate From Biological Sciences Faculty, Nara Institute of Science and Technology)
  2. Pemateri kedua; Heri Setiadi, M.Si (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, SEAMEO QITEP in Science)

 

\"\"

Gambar 2. (a) Narasumber 1 : Maharani Anischan, M.Sc, (b) Heri Setiadi, M.Si

Pada Gambar 2 kedua  narasumber sedang memaparkan tema yang relevan dengan materi bioteknologi modern. Dari hasil pemaparan kedua pemateri dapat disimpulkan bahwa peran pendidik biologi sangat penting dalam era kemajuan bioteknologi. Dalam era ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biologi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Sebagai pendidik biologi, berikut ini adalah beberapa peran penting yang dapat dilakukan:

  1. Mengajarkan dasar-dasar biologi: Pendidik biologi bertanggung jawab untuk mengajarkan dasar-dasar biologi kepada siswa, seperti struktur dan fungsi organisme, siklus kehidupan, prinsip genetika, dan dasar-dasar ekologi. Pengetahuan ini penting bagi siswa untuk memahami dasar-dasar biologi yang menjadi landasan dalam pengembangan teknologi biologi.
  2. Memperkenalkan konsep bioteknologi: Pendidik biologi dapat memperkenalkan konsep-konsep bioteknologi kepada siswa, seperti rekayasa genetika, kloning, terapi gen, dan produksi biomolekul. Mereka dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar di balik teknologi-teknologi ini dan memperkenalkan aplikasi praktisnya dalam berbagai bidang.
  3. Melakukan demonstrasi dan eksperimen: Pendidik biologi dapat melakukan demonstrasi dan eksperimen di laboratorium untuk membantu siswa memahami konsep-konsep biologi dan aplikasi bioteknologi. Hal ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam menggunakan alat-alat dan teknik-teknik yang digunakan dalam penelitian biologi modern.
  4. Mendorong pemikiran kritis: Pendidik biologi harus mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan pemikiran kritis. Mereka dapat mengajarkan siswa untuk mengevaluasi dan menganalisis informasi yang mereka temui, memahami kelebihan dan kelemahan teknologi biologi, serta membantu siswa mengembangkan sudut pandang etis terkait dengan penggunaan teknologi biologi.
  5. Mengikuti perkembangan terkini: Pendidik biologi harus tetap mengikuti perkembangan terkini di bidang biologi dan bioteknologi. Mereka harus selalu memperbarui pengetahuan mereka tentang temuan dan inovasi terbaru, sehingga mereka dapat memberikan materi pembelajaran yang mutakhir kepada siswa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa tentang topik-topik terkini.
  6. Menginspirasi siswa: Pendidik biologi harus berperan sebagai inspirator bagi siswa. Mereka dapat memperkenalkan siswa pada karir-karir yang terkait dengan bioteknologi, seperti ilmuwan biologi, peneliti, atau ahli bioteknologi. Dengan menginspirasi siswa, pendidik biologi dapat membantu menciptakan generasi yang tertarik dan bersemangat dalam mengembangkan teknologi biologi yang inovatif.

Melalui peran-peran ini, pendidik biologi dapat memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan peluang di era kemajuan bioteknologi. Sehingga siswa dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

\"\"

Gambar 3. Kolase Interaksi peserta dengan kedua narasumber

Tema yang menarik dan disajikan oleh kedua narasumber yang luar biasa sehingga suasana kuliah umum terlihat interaktif. Gambar 3 menunjukan dokumentasi Sebagian peserta yang antusias dalam memberikan pertanyaan serta kesan dalam mengikuti kuliah umum.

\"\"

Gambar 4. Penyerahan Sertifikat dan plakat kepada para narasumber oleh ketua prodi biologi (Dr. Sumiyati Sa\’adah, M.Si.) dan dosen Pendidikan biologi (Hadiansah, M.Pd)

Prodi Pendidikan Biologi insya allah mulai tahun 2023 berkomitmen untuk mengurangi sampah pada setiap kegiatan yang dinaungi oleh prodi Pendidikan biologi. Upaya untuk mengurangi dan menghindari terbentuknya sampah sebanyak yang dihasilkan. Dengan demikian dari mulai snack itu bisa diberikan kepada mahasiswa yang membawa wadah (misting) serta untuk minum denga nisi ulang peserta wajib membawa tumbler. Semoga pembiasaan ini akan menjadi suatu kebiasaan positif yang bermanfaat untuk semua yang ada. Dokumentasi kebiata Pendidikan biologi yang mengusung Gerakan minim sampah terlihat pada Gambar 5.

\"\"

Gambar 5. Kolase pembagian snack dan aktivitas makan siang bersama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *