Visi, Tujuan, dan Strategi

Visi

Mengembangkan pendidikan biologi yang unggul, kompetitif dan inovasi-akseleratif berwawasan lingkungan yang rahmatan lil'alamin.

Tujuan

Menghasilkan pendidik biologi yang unggul, kompetitif dan inovatif yang memiliki literasi lingkungan

Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang memiliki keterampilan dalam melakukan peneilitian yang inovatif dan publikasi ilmiah

Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang memiliki keterampilan wirausaha bidang pendidikan biologi dan biologi terapan

Strategi

1) Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan pertama adalah sebagai berikut.
a. Melakukan review kurikulum selama empat tahun sekali yang melibatkan ahli, dosen, mahasiswam alumni dan pengguna untuk diimplementasikan dalam rancangan kurikulum pembelajaran yang inovatif dan penguasaan konten biologi yang berorientasi literasi lingkungan
b. Mengimplementasikan berbagai skema strategi dan media pembelajaran berbasis digital seperti penggunaan media sosial dan artificial intelegent
c. Menyelenggarakan seminar, pelatihan dan diskusi ilmiah setiap tahunnya untuk membekali mahasiswa keterampilan abad 21
d. Mengundang ahli dan praktisi setiap semester untuk membekali mahasiswa tentang pedagogi dan konten biologi
e. Mengikusertakan mahasiswa dalam kegiatan pelatihan dasar ICT setiap tahunnya (Information and Communications Technology) yang berkerjasama dengan PTIPD (pusat teknologi informasi dan pangkalan data) dan Lembaga lainnya yang relevan
f. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan berbahasa asing (bahasa Inggris dan Arab) yang bekerjasama dengan Language center (LC) pada tahun kedua studi.
g. Melibatkan mahasiswa sebagai asisten praktikum pada mata kuliah – mata kuliah yang bermuatan praktikum di setiap semester.
h. Memfasilitasi mahasiswa di akhir masa studi melalui pelatihan untuk memperoleh surat keterangan pemenuhan pencapaian akademik pendidikan biologi.
i. Menjalin kerjasama dengan lembaga mitra seperti universitas, sekolah, asosiasi guru, asosiasi pendidikan biologi dan Badan Riset dan Inovasi Nasional dalam bidang pendidikan seperti pertukaran dosen dan pelaksanaan magang (PPL).

2) Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan kedua adalah sebagai berikut
a. Membekali mahasiswa pada pertengahan dan akhir studi dengan keterampilan meneliti melaui mata kuliah seperti metode penelitian, statistika pendidikan, seminar biologi, penulisan dan publikasi ilmiah.
b. Melaksanakan perkuliahan dengan mekanisme penguatan pada literasi informasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan informasi untuk tujuan tertentu dan dapat mengakses informasi secara efektif dan efisien.
c. Mengikusertakan mahasiswa pada setiap semester dalam penelitian dan pengbadian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.
d. Membekali mahasiswa dengan keterampilan menulis melaui pelatihan penulisan karya ilmiah pada tahun ketiga masa studi.
e. Menyelenggarakan forum ilmiah pendidikan biologi setiap tahunnya yang mengundang mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut
f. Mendelegasikan mahasiswa setiap tahunnya untuk ikut serta dalam kegiatan lomba karya tulis ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional
g. Menjalin kerjasama dengan lembaga mitra seperti universitas, sekolah, asosiasi guru, asosiasi pendidikan biologi dan Badan Riset dan Inovasi Nasional dalam bidang penelitian seperti pelaksanaan penelitian mahasiswa dan pelaksanaan kegiatan PKL (praktek kerja lapangan).

Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan ketiga adalah sebagai berikut
a. Membekali mahasiswa pada tahun kedua masa studi dengan keterampilan wirausaha melalui mata kuliah seperti mata kuliah kewirausahaan dan keterampilan biologi.
b. Melaksanakan perkuliahan di setiap semesternya dengan model pembelajaran berbasis proyek
c. Menghadirkan organisasi kewirausahaan dalam kegiatan workshop, seminar atau pameran di setiap tahunnya untuk membekali mahasiswa dalam memiliki pengetahuan wirausaha
d. Mengadakan pameran hasil produk wirausaha mahasiswa di setiap tahunnya
e. Melibatkan mahasiswa dalam menghasilkan produk program studi pendidikan biologi di setiap tahunnya.
f. Menjalin kerjasama dengan lembaga mitra yang berkaitan dengan wirausaha pendidikan biologi seperti BAZNAS, lembaga kemasyarakatan (Desa) dan wirausaha pendidikan seperti sekolah.

Layanan Jurusan

Memiliki pertanyaan terkait Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung? Hubungi Admin Jurusan